Selamat Datang Di Gubuk Yang Sederhana Ini, Mari Minum Kopi Bersama di negeri nyiur melambai, torang samua basodara

Minggu, 16 Juni 2013

Penanggalan Bali

Para sameton bali pasti pernah mendengar ucapan orang tua kita seperti some anggara buda wrespati sukra saniscara, atau umanis paing pon wage kliwon. Itulah kata kata asing bagi generasi sekarang yang tidak pernah tersentuh oleh penanggalan bali.

Ilmu penanggalan bali ini wajib untuk dipelajari dan dipahami secara universal karena terkait erat dengan upakara. Tentu masih terngiang dalam benak kita tentang wewaran yang dikelompokan 10 kategori, eka wara sampai dasa wara. Dalam kegiatan upakara ada 3 kategori yang sering digunakan yaitu tri wara, panca wara dan sapta wara ditambah lagi wuku. Hari raya galungan jatuh pada Buda kliwon dungulan (panca wara + sapta wara + wuku). Ada metode jari dalam mencari penanggalan bali yang berkaitan dengan upakara/yadnya. Perlu dipelajari secara menyeluruh agar pelaksanaan upakara terlaksana dengan baik.


Selain wewaran ada hal penting yang tidak boleh disepelekan, yaitu waktu. Pergantian penanggalan bali berada pada pukul 06.00 lain dengan tanggal internasional yang berada pukul 24.00. menjadi pelajaran penting bagi kita bahwa upacara manusia yadnya sangat terkait erat dengan waktu. sebagai bahan pengalaman yang pernah saya alami ketika kelahiran anak kami di bulan maret 2013. Dikertas dokumentasi kelahiran anak tertera lahir pada tanggal 13 maret 2013 pukul 03.06 Wita. Itu artinya secara internasional anak lahir pada tanggal 13 maret 2013, namun penanggalan bali anak lahir anggarakasih juluwangi (pada hari selasa wuku juluwangi). Penanggalan bali inilah sebagai acuan bilamana akan melaksanakan upacara manusia yadnya bagi anak untuk hari hari selanjutnya, upacara tutugkambuhan, tigabulanan, otonan dan selanjutnya. Inilah saatnya sameton bali melestarikan dan mengenalkan kepada anak cucu kita kelak.
download BalaBali Kalender

Tidak ada komentar:

Posting Komentar