Selamat Datang Di Gubuk Yang Sederhana Ini, Mari Minum Kopi Bersama di negeri nyiur melambai, torang samua basodara

Minggu, 01 September 2013

Pokok Pokok Keimanan Agama Hindu




Oleh: Bli Made Srija

Pokok pokok keimanan agama hindu dibagi menjadi lima bagian yang disebut dengan panca sradha,
  1. Percaya adanya Tuhan (Brahman/Hyang Widhi).
  2. Percaya adanya Atman
  3. Percaya adanya hukum Karma Phala
  4. Percaya adanya Punarbhawa / Reinkarnasi
  5. Percaya adanya Moksa
Percaya adanya Tuhan (Brahman/Hyang Widhi).
Kita percaya Hyang Widhi yang maha tahu, berada dimana mana, Kepada-Nya  menyerahkan diri dan mohon perlindungan dan petunjuk agar menemukan jalan terang dalam mengarungi hidup ini. Kita percaya bahwa Tuhan itu satu dan oleh orang bijak menyebut dengan banyak nama.  “Eko Narasanad Na Dityo Sti Kascit” yang artinya hanya satu Tuhan sama sekali tidak ada duanya. Kebenaran itu satu tidak ada kebenaran yang kedua “Bhineka Tunggal Ika tan hana Dharma mangrwa”  

 Percaya adanya Atman. 
Atman adalah percikan kecil dari Paramatman (Hyang Widhi/ Brahman). Atman didalam badan manusia disebut Jiwatman, yang menyebabkan manusia itu hidup. Atman dengan badan adalah laksana kusir dengan kereta. Kusir sang pengemudi kereta adalah atman dan kereta adalah badan. Demikianlah atman itu menghidupkan sarwa prani  (mahluk) di alam semesta ini. Keberadaan atman dalam setiap mahluk inilah menjadikan ajaran suci  Tat Twam Asi dan Ahimsa sebagai  penyemangat kita menegakkan Dharma menuju Tri Hita Karana 
 
Percaya adanya hukum Karma Phala
Di dalam weda disebutkan “Karma Phala Ngaran Ika Palaning Gawe Hala Ayu” artinya Karma Phala adalah akibat phala dari baik buruk suatu perbuatan atau karma. Karma ada tiga golongan, yaitu Sancita Karma Phala, Prarabda Karma Phala Dan Kriyamana Karma Phala. 

Percaya adanya Punarbhawa / Reinkarnasi
Penjelmaan jiwatman yang berulang ulang ini membawa akibat suka dan duka, ini dikarenakan jiwatman masih dipengaruhi oleh kenikmatan. Dalam kitab suci Sri bhagawan bersabda “ banyak kelahiran-Ku dimasa lalu, demikian pula kelahiranmu arjuna semua ini Aku tahu, tetapi engkau sendiri tidak.  

Percaya adanya Moksa
Sebagaimana tujuan Agama Hindu yang tersurat da dalam weda, yakni “Moksartham Jagadhitaya Ca Iti Dharma”, kebebasan dari keterikatan benda benda yang bersifat duniawi dan terlepasnya atman dari pengaruh maya serta bersatu kembali dengan sumbernya yaitu Brahman (Hyang widhi) dan mencapai kebahagiaan yang kekal abadi “Sat Cit Ananda”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar